Plasa Wanita adalah blog tentang informasi seputar wanita, tips kecantikan wanita, tips kesehatan wanita, informasi fashion terbaru

Sabtu, 30 April 2016

Resep Getuk Lindri, Resep Kue Tradisional Yang Meleganda Kenimkatannya

Resep Getuk Lindri, Resep Kue Tradisional Yang Meleganda Kenimkatannya - Getuk Lindri adalah subuah makanan tradisional yang terbuat dari bahan utama berupa singkong atau ketela pohon. Getuk merupakan makanan khas masyarakat Jawa Timur dan Jawa Tengah yang mudah dijumpai di daerah tersebut. Pembuatan Getuk Lindri ini dimulai dari singkong yamg dikupas kemudian kukus atau dieebusan, setelah matang singkong tersebut kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk bisa juga dengan cara digiling. Cara penyajiannya biasanya ditaburi dengan parutan kelapa yang ditaruh dibagian atas getuk tersebut. 

Resep Getuk Lindri, Resep Kue Tradisional
Resep Getuk Lindri, Resep Kue Tradisional

Resep Getuk Lindri, Resep Kue Tradisional Yang Meleganda Kenimkatannya


Getuk lindri biasanya memiliki warna bermacam macam diantaranya berwarna kuning, hijau, merah, putih, orange, biru dan warna unggu. Setelah dicetak kecil-kecil memanjang berbentuk seperti mie dengan ketebalan antara 2 cm serta lebar 4cm, kemudian dipotong-potong berbentuk persegi. Getuk lindri ini sangat popular di daerah tersebut. Selain itu makanan tersebut banyak kita jumpai di pasar – pasar tradisional yang ada di daerah Jawa Timur ataupun di daerah Jawa Tengah. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat Getuk Lindri tersebut. Simak uraian resep getuk lindri berikut ini.

Resep Getuk Lindri 

- 1 Kg singkong / ketela pohon yang sudah dikupas dan dikukus hingga matang
- ½  Kg gula pasir
- 4 sendok makan gula merah / gula Jawa
- 1/2 sedok teh garam dapur
- 2 sendok teh vanili bubuk
- ½  buah kelapa yang sudah di parut 
- pewarna makanan secukupnya


Cara Membuat Getuk Lindri sebagai berikut :

- Pertama – tama singkong atau ketela pohon dikukus sampai terasa empuk.
- Kemudian haluskan singkong atau ketela pohon tersebut bersama dengan gula merah, gula pasir, dan garam. 
- Tambahkan pewarna makanan dan vanili bubuk.
- Tumbuk halus dan campur sampai merata.
- Setelah terasa merata, cetak adonan tersebut dengan mesin pencetak atau bisa juga dengan dibuat bulatan-bulatan kecil.
- Ambil cetakan mie lalu masukan adonan tersebut lalu giling adonan tersebut.
- Susun secara rapi gutuk lindri yang sudah digiling dan taruh diatas wadah atau tempat penyajian.
- Taburi Getuk Lindri tersebut dengan kelapa parut pada bagian sisi atasnya.
- Getuk Lindri yang nikmat siap untuk disajikan.

Camilan ini sangat socok sekali untuk dinikmati sehari-hari sambil ditemani secangkir kopi. Tak butuh banyak waktu untuk membuat kue tersebut. Dalam proses cara membuat Getuk Lindri ini yang perlu diperhatikan adalah kwalitas singkong dan ketela pohon harus baik. Pilih singkong atau ketela pohon yang memiliki karakter singkong yang empuk serta nikmat. Jangan sampai singkong yang akan dijadikan bahan tersebut dengan memiliki karakter yang keras atau pahit. Cukup mudah bukan cara pembuatanya bunda…! Jangan lupa untuk mempraktekan ya bun. Demikian uraian sederhana mengenai resep kue tradisioal Resep Getuk Lindri, Resep Kue Tradisional Yang Meleganda Kenimkatannya.


Semoga bisa menambah koleksi menu resep kue Bunda ya. Jangan takut mencoba Bund, hajar ajah, pokoknya ada resep baru langsung dicobain biar tambah pandai bikin kuenya. Sekian dulu ya Bunda dari plasawanita, lain kali disambung lagi deh.

Facebook Twitter Google+

Back To Top