Plasa Wanita adalah blog tentang informasi seputar wanita, tips kecantikan wanita, tips kesehatan wanita, informasi fashion terbaru

Rabu, 01 Juni 2016

Tips Mengatasi Keputihan Di Awal Kehamilan Yang Harus Anda Ketahui

Tips Mengatasi Keputihan Di Awal Kehamilan Yang Harus Anda Ketahui - Keputihan atau istilah medisnya flour albus merupakan salah satu diantara ganguan yang terjadi pada organ intim seorang wanita. Jenis keputihan ada banyak tergantung dengan bentuk dan warna nya. Namun kali ini kami akan spesial menjelaskan cara mengatasi keputihan yang terjadi pada ibu-ibu hamil. Jika Anda adalah salah satu dari Ibu hamil, maka Anda harus mengetahui tips mengatasi keputihan di awal kehamilan agar Anda tetap sehat saat hamil.

Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil
Tips Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Ibu-ibu hamil sangat rentan dengan namanya keputihan selain karena berubahnya hormon yang ada di dalam tubuh wanita itu sendiri atau di karenakan stres menghadapi kehamilan yang dialami itu sendiri.

Tips Mengatasi Keputihan Di Awal Kehamilan


Keputihan yang terjadi kepada wanita hamil dibagi menjadi dua bagian. Pertama keputihan yang bersifat normal atau fisiologis. Ada juga keputihan yang bersifat abnormal dalam artian keputihan yang Anda miliki bisa berbahaya jika dibiarkan berlanjut-lanjut dan tanpa ada pengobatan.

Untuk ibu-ibu muda yang baru saja mengandung simak baik-baik ya bun tips mengatasi keputihan di awal kehamilan agar bisa membedakan mana keputihan yang normal dan mana yang abnormal.

1. Meningkatnya Lendir

Lendir yang meningkat ketika kondisi hamil muda, merupakan suatu kelaziman dan hal yang dianggap biasa saja. Karena ketika hamil muda hormon esterogen yang ada di jaringan tubuh seorang wanita akan semakin banyak meningkat. Peningakatan itulah yang menyebabkan lendir juga akan semakin banyak. Namun ada satu hal yang harus menjadi perhatian jika saja lendir itu tidak berbau dan tidak berwarna Anda tidak perlu was-was karena hal itu memang biasa terjadi. Tetapi jika lendir berbau dan warnanya tidak seperti biasanya maka sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter-dokter yang ada di daerah Anda.


2. Tekstur Cairan

Tekstur cairan juga sangat berpengaruh terhadap keputihan seseorang. Jika saja tekstur cairan yang ada di dalam organ intim seorang wanita berbentuk seperti keju, berbau amis dan juga busuk, maka sebaiknya berhati-hati karena dimungkinkan adanya infeksi pada organ intim tersebut. Infeksi yang ada pada organ intim itu jika dibiarkan berlanjut-lanjut akan berbahaya bagi kesehatan ibu itu sendiri dan juga bagi kesehatan sang janin. Maka salah satu tips mengatasi keputihan di awal kehamilan adalah memahami tekstur cairan Anda sendiri.

3. Jangan Ragu Konsultasi

Walaupun keputihan yang Anda alami dalam keadaan normal dan juga masih dalam batas kewajaran. Namun tak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan medis tentang apa saja yang bisa Anda lakukan sekaligus mengetahui makanan dan minuman apa saja yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan.

Keputihan memang tak akan pernah terlepas dari namanya jamur dan bakteri. Untuk menekan timbulnya jamur dan bakteri maka sebaiknya perhatikan hal-hal berikut deh sebagai salah satu tindakan untuk tips mengatasi keputihan di awal kehamilan biar aman dan terjauh dari namanya keputihan abnormal:

1. Mencuci Yang Benar

Membersihkan organ intim dengan cara yang benar merupakan salah satu cara yang harus dilakukan agar jangan sampai jamur dan bakteri tidak bisa muncul. Mencuci yang benar dimulai dari depan kemudian ke belakang.

2. Hindari Pakaian Sintetis

Penggunaan pakaian dalam dengan bahan sintetis sangat tidak dianjurkan karena penggunaan bahan sintesis sangat tidak nyaman dan juga tidak mampu menyerap keringat. Berbeda jika menggunakan bahan cotton. Penggunaan katun sangat dianjurkan karena mampu menyerap keringat dan menjauhkan lembab yang ada di organ intim seorang wanita.

3. Jangan Sering Berendam

Penggunaan air hangat sangat tidak dianjurkan karena menggunakan air hangat akan menyebabkan jamur yang berada di dalam organ intim seorang wanita dapat dengan mudah tumbuh dan berkembang.

4. Kurangi Makanan Manis Dan Kafein

Meminum kafein dan juga manis sangat tidak dianjurkan karena bisa dengan mudah menyebabkan jamur bisa tumbuh dan berkembang dengan makanan-makanan tersebut.

Demikian ladies Tips Mengatasi Keputihan Di Awal Kehamilan. Jangan takut dahulu dengan keputihan yang mungkin Anda miliki. Konsultasikan ke dokter atau ahli medis lain jika Anda merasa bahwa keputihan Anda layak untuk diperhatikan.
Facebook Twitter Google+

Back To Top